Social Icons

Pages

Minggu, 17 Maret 2013

Atasi Lampu Panel Yamaha Scorpio Mati


Terkadang lampu panel instrumen motor berkedip-kedip alias tidak menyala dengan konstan/stabil, tentu membuat penunggangnya tidak betah, selain itu konsentrasi berkendara pun jadi terganggu dan membahayakan. Kenapa itu bisa terjadi, seperti pada Yamaha Scorpio ini?

gambar 1
Banyak yang menyangka lampu panel yang kerap putus, sehingga lampunya diganti. Ternyata masalahnya bukan dari lampunya, tunggangan lain pun ada yang bermasalah serupa.
  
Sejatinya, lampu panel instrumen bisa menerangi semua keterangan yang tertera pada panelnya, mulai dari spidometer, takometer serta keterangan-keterangan lain yang diperlukan pengendara (gambar1).

Lantas, ketika lam­punya tidak me­nyala sempurna, ten­tu membuat in­formasi-informasi dari panel instrumen pun tak terlihat. Memang, saat berkendara tidak selalu melihat panel ini, tetapi cahaya yang hidup mati akan mengganggu. 


Biasanya ditandai dengan matinya lampu saat setang dibelokkan (gambar2), kemudian setelah diluruskan kembali lampu pun menyala lagi normal seperti tak terjadi masalah apa pun.


Permasalahan yang sering terjadi sebenarnya ada pada kabel yang mengantarkan arus pada lampu-lampu di panel tersebut yang ukurannya kecil, pada segelondong kabel yang terbungkus terdiri dari berbagai kabel kecil (gambar3).
Karena sudah dipakai cukup lama, besar kemungkinan kabel tersebut getas dan tidak elastis lagi. Perlu ganti kabel baru? Wah, tentunya akan mengeluarkan biaya cukup besar.


Sebenarnya tidak perlu ganti kabel baru, cukup diperpanjang saja kabelnya, sehingga saat setang dibelokkan kabel jadi tidak tertarik. Cukup sediakan saja beberapa kabel serupa, kalau bisa dengan warna yang sama (gambar4).

Tetapi sebelum memperpanjang perhatikan titik sambungnya, usahakan tidak memotong kabel yang terlalau sering bergera-gerak, seperti pada bawah setang. Sambungkanlah kabel yang ada di balik tangki (gambar5). 


Selain tampak rapi, kemungkinan untuk terjadi tarik-menarik kembali pun menjadi sangat kecil. Mudah dan murah kan solusinya?

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk bikers Khususnya Yamaha Scorpio....terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar